Monday, 6 August 2012

Diskusi di FB tentang Transaksi Uang Receh

Kawan semua...
salah satu fenomena di Masyarakat kita saat menjelang lebaran adalah Tukar uang receh, atau lebih tepatnya jual beli uang dengan dengan uang baru dan uang Receh.., MUI menfatwakan bahwa ini haram krna adanya bayaran lebih uang jasa (riba), sedangkan sebagian pihak menganggap itu hal wajar..hanya bayar jasa...bagaimana tanggapan kawan semua?...
· · · 5 hours ago via Mobile

    • Nyak Cut TUKAR DI BI Mana pake beli tgk. . . biasa ne waktu lebaran bg2 ponaan.
      5 hours ago via Mobile ·
    • Alfarisi Kluetku sblm menemukan jwban spesifik tentang prtanyaan tgk mukhlis sebaiknya sedikit sy lmpirkan Pembagian Riba yaitu:
      5 hours ago ·
    • Alfarisi Kluetku ‎1. ربَا الْفَضْلِ وَهُوَ زِيَادَةُ أَحَدِ الْعِوَضَيْنِ فِي مُتَّحِدِ الْجِنْسِ
      5 hours ago ·
    • Alfarisi Kluetku ‎2. وَرِبَا الْيَدِ وَهُوَ تَأْخِيرُ قَبْضِ الْعِوَضَيْنِ أَوْ أَحَدِهِمَا مُطْلَقًا مِنْ غَيْرِ ذِكْرِ أَجَلٍ ،
      5 hours ago ·
    • Alfarisi Kluetku ‎3. وَرِبَا النَّسَاءِ وَهُوَ ذِكْرُ الْأَجَلِ فِي الْعَقْدِ وَلَوْ قَصِيرًا
      5 hours ago ·
    • Alfarisi Kluetku وزاد بعضهم ربا القرض ، كأن يقرضه مقاصيص على أن يردها ديوانية .(بجيرمى على الخطيب 3 ص 18)
      ومنه ربا القرض بأن يشرط فيه ما فيه نفع للمقرض غير نحو الرهن (تحفة 4 ص300)
      5 hours ago · · 1
    • Alfarisi Kluetku Kemudian perlu diketahui bahwa Jual beli ribawi hanya terkhusus pada makanan dengan makanan dan naqad dengan naqad (emas dan perak)
      5 hours ago · · 1
    • Alfarisi Kluetku Timbul pertanyaan selanjutnya APAKAH Tukar uang receh itu bagian dari naqad atau makanan??????? sehemat saya bukan...
      5 hours ago · · 1
    • Mukhlisuddin Marzuki Nyakcut/...fenomena ini sering terlihat di jlan2 protokol ..di BI...

      alfarishi//...MUI memasukkan jual beli uang..sebagai Naqad tgk...jadi kiban nyoe?
      5 hours ago via Mobile ·
    • Mukhlisuddin Marzuki Di BI hana penambahan..
      5 hours ago via Mobile ·
    • Alfarisi Kluetku untk mmperkuat bhwa mslh ini sdg hot di dlm msyrakat brkut sy kopas link media http://atjehpost.com/read/2012/08/06/16991/18/7/Ulama-Bisnis-Penukaran-Uang-Haram-
      atjehpost.com
      Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Cianjur menegaskan bahwa bisnis penukara...See more
      5 hours ago · ·
    • Alfarisi Kluetku tgk Mukhlisuddin Marzuki saya jg msh bingung dg mslh ini krn prsoalan ini sehemat sy adlh prsoalan khilafiyah
      5 hours ago ·
    • Alfarisi Kluetku Karena hrs kita selesaikan dulu pertanyaan ini Bagaimanakah kedudukan uang rupiah, dolar, ringgit dan lainnya yang berlaku pada saat ini, apakah diposisikan pada posisi Naqad(emas dan perak) atau sama dengan pulus? adapun jual beli pulus tidak digolongkan dalam jual beli ribawi berdasarkan pendapat kuat. ????????
      5 hours ago ·
    • Nyak Cut o y dijalan, g pernah. bgaimana dgn peng jika di beli di bank pulsa 50 tetap 50. jika diluar ada tambahan.
      na. . . y diluar ini patut diketahui. selamat berdiskusi :)
      5 hours ago via Mobile ·
    • Alfarisi Kluetku Nyak Cut itu bagian dari bisnis mncari keuntungan,,,ya tdk da masalah dg itu semua, yg mau beli pulsa 50 di bank dg harga 50 ribu ya silakan datang aja, bgitu jga yg mau beli pulsa 50 di luar bank dg harga lebih, silakan saja....krn penjual tetap dpt untung walau mereka mnjual dg harga yg sama yaitu 50 tetap Rp.50 ribu. Jadi shmat saya tak ada musykil mslah yg saudari tanyakan...
      4 hours ago ·
    • Muhib Al-Metaramy uang berbeda dengan naqad(emas&perak).jika dikaitkan dengan persoalan zakat,naqat wajib jakat minhaitsu jauhariahnya tanpa tergantung pada nilai yang jakliy.ketika pemerintah mengkonfirmasikan bahwa nilai alat tukar naqat tak berlaku lagi kita masih wajib mengeluarkan jakat darinya,hal ini jauh berbeda dengan uang dimana nilainya hanya gara gara jakliy.
      4 hours ago via Mobile ·
    • Alfarisi Kluetku Tgk Muhib Al-Metaramy Jadi klw mesti emas dan perak maka utk masa skrng ini agak langka kita dpt kan contoh Qirad krn org2 skrang menggunakan Uang/pulus, krn qirad disyaratkan mesti naqad
      4 hours ago ·
    • Alfarisi Kluetku alias org yg melakukan Qirad dg uang tidak sah, benarkah begitu????
      4 hours ago ·
    • Muhib Al-Metaramy tekait dengan premis dimuka maka dapat diambil sebuah konklusi bahwa,transaksi semacam itu sah sah saja mengingat uang tak termasuj dalam katagori ribawi,ada unsur lilhajatnya dimana masyarakat juga membutuhkan uang receh untuk mereka sedekahkan kepada familynya masing masing.
      4 hours ago via Mobile ·
    • Alfarisi Kluetku Mhn penjelasn apa pengertian "premis" dn "konklusi"...? agar lebih jelas maksud saudara...
      4 hours ago ·
    • Muhib Al-Metaramy tgk,alfarisi>betul sekali, qiradh hanya pada naqad,namun hal itu dalam perspektif syafii'e,coba tungku kaji dalam mazhab mazhab yang lain.bukankahkah kita ini muqallid?
      4 hours ago via Mobile ·
    • Alfarisi Kluetku jgn terlalu cpt kmbli pd mslah muqallid atau bkn,..tpi selesaikan dulu mslah...
      4 hours ago · · 1
    • Muhib Al-Metaramy Deduksi:penyimpulan,ringkasan,penarikan kesimpulan dari yg berbentuk umum kebentuk khusus dimana kesimpulan itu dengan sendirinya muncul dari satu atau beberapa premis.
      Premis:kata kata tulisan sebagai pendahulu untuk menarik suatu kesimpulan.
      Premise:suatu proporsi yang menyokong atau menguatkan kesimpulan
      4 hours ago via Mobile ·
    • Muhib Al-Metaramy konklusi:natijah
      4 hours ago via Mobile ·
    • Alfarisi Kluetku Okay, artinya bhwa berdasarkan khadiah2 dan masalah2 diatas dapat diambil kesimpulan bhwa transaksi uang receh tdk termasuk ribawi krn bukan emas dan perak, benarkah begitu masud anda Tgk Muhib Al-Metaramy ???
      4 hours ago ·
    • Muhib Al-Metaramy begitulah kira kira...
      4 hours ago via Mobile ·
    • Alfarisi Kluetku Apakah kesimpulan bhwa uang saat ini tdk sama dg naqad itu sebuah kesimpulan dlm mazhab syafi'i atw hnya pemahaman trhadapap sbgian teks2 kitab yg terbatas di dlm bbrp ktb yg dipelajari di dayah????
      4 hours ago ·
    • Mukhlisuddin Marzuki Salahkah fatwa MUI?...
      4 hours ago via Mobile ·
    • Alfarisi Kluetku klw uang sekrang disimpulkan bhwa tdk sama dg naqad(emas dan perak), maka dpt dipahami Bahwa Fatwa tersebut KELIRU...
      3 hours ago ·
    • Alfarisi Kluetku Namun apakah kita semua sdh meyakini dan berpegang teguh sedemikian rupa,....?????
      3 hours ago ·
    • Alfarisi Kluetku dg alasan bhwa uang sekarang tidak berlaku lagi bila ditarik peredarannya oleh pemerintah dan sangat jauh beda dengan emas dan perak dimana tetap berlaku walaupun tidak dijadikan lagi sebagai mata uang. (Bajuri 2 hal 21).
      3 hours ago ·
    • Alfarisi Kluetku ‎??????????
      3 hours ago ·
    • Muhib Al-Metaramy kalou tidak salah saya,termaktub dalam kitab fiqh kontemporer(namanya dahlupa)bahwa uang sama dengan nakad dari segi alat tukarnya.mungkin MUI berpedoman pada kitab trsebut.
      Namun kita berpedoman qias maal fariq layu'tabar jika mufaraqahnya lebih menonjol dari musawahnya.
      3 hours ago via Mobile ·
    • Alfarisi Kluetku sekedar menambahkan referensi saja tentang pendapat lain menyatakan bahwa uang sama dengan emas dan perak bisa dilihat dlm ktb Fiqh Mazahibil Arba'ah pada bab zakat jil. 2 hal. 298 cet. Hakikat kitabevi
      3 hours ago ·
    • Muhib Al-Metaramy berarti kesimpulannya;boleh atou tidak transaksi yang dilakukan masyarakat sepperti yang dikemukakan oleh tgk:mukhlis tergantung pada apakah uang sama dengan nakat(bukan uang temasuk afrat naqat ) atu tidak sama.jika sama maka haram jika tidak sama maka tidak horom.
      Tpai kalo ditanyakan kepada saya saya akan memilih nomor dua.hehehe...
      3 hours ago via Mobile ·
    • Mukhlisuddin Marzuki Jadi...kalo gitu..boleh milih anatara haram dan tidak?....yang benar aja lah hukumnya....udah kayak main2 ni....bisa "lebeh kurang" dalam hukum..
      3 hours ago via Mobile · · 3
    • Alfarisi Kluetku hahahaha.....
      3 hours ago ·
    • Muhib Al-Metaramy iyalah tungku,,,!!!karna berdasaran pemahaman literatur klasik secara konstektual terjadi perbedaan cara pandang antara ulama kontemporer dengan ulama masa lampou.
      3 hours ago via Mobile ·
    • Alfarisi Kluetku Muhib Al-Metaramy itu baru beberapa ktb yg dirujuk trnyata sdh mulai beda2 dlm menyelesaikan mslah, apalgi klw sampai membuka ktb antar mazhab pasti tambah pusing tujuh keliling, hehehe...gimna apa masih mau jdi muqallid trhadap ktb2 klasik atau tinggalkan itu dan mengambil ktb2 kontemporer..wkwkkwkwkwkwkwk
      3 hours ago ·
    • Muhib Al-Metaramy kalo saya ingin selamat dunnya wal akhirah,,,,hehe..
      3 hours ago via Mobile ·
    • Alfarisi Kluetku semua org mau begitu, org2 yg berpegang kpd ulama kontemporer juga pingin selamat dunia dan akhirat lho,,,hehehe....
      3 hours ago ·
    • Muhib Al-Metaramy onyeee haiiii,,,,,
      Hahahaaaaa...

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews