Wednesday 26 March 2014

Strata Satu (S1) di University of Malaya

Assalamu’alaiku wr,wb
Apa kabar teman-teman semua, pada kali ini karena banyak sekali yang bertanya tentang kuliah di Malaysia setelah mereka membaca tulisan saya sebelumnya “Informasi kuliah di Malaysia”, padahal masih sangat kurang informasi disana, apalagi tentang Strata Satu(S1), karena itu pada kesempatan ini saya mencoba menulis sedikit lagi informasi yang ana tau tentang persyaratan dan keunggulan kampus University of Malaya atau disebut juga Universiti Malaya.

ADA APA DENGAN UNIVERSITI MALAYA?

Universiti Malaya (UM) adalah sebuah Perguruan Tinggi yang lebih menekankan kepada penelitian (Research University) dengan berbagai disiplin keilmuan
-  UM memiliki fasilitas yang memadai dan berlokasi sangat strategi di  Kuala Lumpur
- UM adalah kampus pertama di Malaysia yang telah berpengalaman dalam bidang akademik dan memiliki fasilitas pendidikan yang sangat bagus. Kampus ini meraih ranking ke 156 di dunia pada tahun 2012 versi the QS World University Ranking dan ranking ke 35 di Asia.
 Mahasiswa Internasional baik S1, S2, maupun S3 adalah bagian komunitas terpenting di Kampus ini.

SUSUNAN PROGRAM

Program akademik di kampus ini mengikuti Sistem Kredit Semester dan dimulai pada bulan September(Semester  1) dan bulan Februari (Untuk semester 2). Jumlah keseluruhan kredit yang dibutuhkan untuk menyelesaikan Strata Satu (S1) di kampus ini antara 120 hingga 140 kredit(credit hours). Bahasa pengantar yang digunakan di kampus ini adalah Bahasa Inggris bagi jurusan-jurusan yang berhubungan. NAMUN bahasa Melayu juga dibolehkan pada beberapa jurusan.

DURASI UNTUK MENYELESAIKAN S1

Durasi atau lamanya proses belajar untuk menyelesaikan Strata Satu (S1) di kampus ini tergantung kepada jurusan yang diambil oleh mahasiswa tersebut, namun secara umumnya bisa diselesaikan 4 Tahun dengan 8 Semester (minimum) dan 12 Semester (maksimum), 3 ½ tahun dengan 7 semester (minimum) dan 11 semester (maksimum), dan 3 tahun dengan 6 semester (minimum) dan 10 semester (maksimum).

APA SYARAT-SYARAT PENDAFTARANNYA ?

Syarat utama untuk mendaftar di kampus ini adalah memiliki ijazah Sekolah Menengah Atas(SMA)/Madrasah Aliyah(MA)/Sekolah Menengah Kejuruan(SMK) atau yang sederajat yang diakui. Mahasiswa Internasional diwajibkan untuk mengikuti kursus Bahasa Melayu dan atau Bahasa Inggris Selama 6 bulan. Kursus ini akan diadakan oleh pihak kampus Universiti Malaya. Namun pelajar yang memiliki minimal Nilai TOEFL 550 (PBT)/213(CBT)/80 (IBT), IELTS band 6 akan dibebaskan dari kursus tersebut.
Anda Takut karena tidak memiliki sertifikat Bahasa tersebut ......? Anda tidak perlu takut, pihak kampus juga menawarkan pelatihan bahasa Inggris namanya English Proficiency Programme (ELPIS) dengan bayaran USD 1,200. Sedangkan bagi anda yang tidak menguasai bahasa Melayu juga jangan takut, pihak kampus menawarkan pelatihan, namanya Malay Language Programme dengan bayaran USD 480. TAPI biasanya kalau orang Indonesia tidak ada istilah tidak bisa bahasa Melayu, karena sedikit saja perbedaannya, kalau sering-sering nonton Film Upin dan Ipin pasti anda bisa hehehe...
Kesimpulan syaratnya adalah anda memiliki dokumen-dokumen berikut:
1.       3 (tiga) lembar photo copy form aplikasi online yang telah lengkap
2.       3 (tiga) lembar photo copy Cover Letter
3.       3 (tiga) lembar photo terbaru ukuran paspor dengan backroundnya biru.
4.       3 (tiga) lembar photo copy paspor yang telah dilegalisir (halaman depan saja).
5.       3 (tiga) lembar ijazah yang telah dilegalisir
6.       3 (tiga) lembar transkrip nilai yang telah dilegalisir
7.       Terjemahan ijazah dan transkrip nilai dalam bahasa Inggris jika ijazah dan transkrip nilainya bukan dalam bahasa Inggris.
8.       1 (satu) lembar financial statement(bukti mampu membiayai kuliah, lampirkan saja bank statement atau surat sponsor atau surat beasiswa).
9.       3 (tiga) lembar photo copy  TOEFL atau IELTS
10.   Uang 50 Dolar Amerika untuk proses pendaftaran di transfer ke nomor rekening  1440-0004005-053 Atas nama University of Malaya.
Semua dokumen tersebut disusun dengan rapi dan dibuat rangkap tiga dan memiliki cover letter untuk tiap-tiap rangkap.  

BAGAIMANA CARA MENDAFTAR ?

Cara mendaftarnya sangatlah mudah. Silakan mendaftar dulu secara online di http://e-application.um.edu.my/
Setelah mendaftar secara online dengan lengkap, anda perlu mengirim proceesing fees dan dokumen ke International Student Centre (ISC) secepatnya agar diproses secepatnya. Ini alamatnya:
International Student Centre (ISC)
Level 1, Block G, Perdanasiswa Complex,
University of Malaya, 50603 Kuala Lumpur Malaysia

INGAT !
Deadline Pendaftaran untuk masuk semester 1(September) pada 28 Februari setiap tahunnya.

Deadline untuk semester 2 (Februari) pada 30 Juli tiap tahunnya.


Masih bingung juga atau ingin minta bantuan ??? Insya Allah kita siap membantu anda untuk mendaftarkan.....Tapi......Kalau ingin lebih sempurna bantuan saya ya jangan segan-segan memberikan uang minum sikit atau minimal uang untuk print dokumen-dokumen yang diperlukan dan ongkos mobil menuju ke kampus dan bank,...maklum aja kita juga masih mahasiswa....Hehehehehe.....Tapi lagi-lagi tapi itu semua seikhlasnya aja...kalau nggak ada ya nggak apa-apa juga, yang penting anda mau belajar dan jangan segan-segan pula untuk bertanya informasinya.

Ini nomor Hp saya di Malaysia +601111789280 boleh pakek washap juga sih...atau ke email saya salmankluet@yahoo.co.id atau langsung aja ke facebook saya kluetku@yahoo.com

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Affiliate Network Reviews